Tips Menjalani Pola Hidup Sehat

Hidup yang sehat merupakan anugerah yang tak ternilai harganya. Sehingga banyak orang yang mendambakan hidup sehat. Berbagai upaya pun dilakukan agar hidup sehat bisa tercapai.

Pertanyaan yang mengemuka kemudian adalah bagaimana menjalani hidup yang sehat itu? Nah, bagi Anda yang ingin mendambakan dan menggapai hidup sehat tips berikut patut Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Atur Pola Makan

Makan merupakan aktivitas yang di satu sisi bisa menyehatkan tubuh. Sementara di sisi lain makan yang tak teratur juga bisa membuat tubuh mengalami gangguan kesehatan. Karena itu makan harus diatur dengan pola yang sehat dan seimbang.

Konsumsilah jenis makanan yang sehat seperti sayur, buah, ikan, dan makanan lainnya. Perhatikan pula porsinya. Upayakan porsi yang seimbang yaitu tak berlebihan dan tak juga kekurangan. Atur pula waktu makan yang baik.

Hindari konsumsi makanan yang mengandung pengawet berlebihan, makanan berlemak terlalu sering, atau makanan yang mengandung zat berbahaya.

Olahraga Teratur

Berolahraga merupakan salah kunci utama dalam menunjang pola hidup yang sehat. Kerapkali orang mengabaikan hal ini. Olahraga berguna untuk menjaga kebugaran tubuh, melancarkan aliran darah, meningkatkan daya tahan tubuh, membakar kalori, menguatkan otot dan tulang, dan dan tentunya menyehatkan tubuh.

Bahkan olahraga juga mampu menyegarkan pikiran sehingga terhindar dari kejenuhan dan tekanan (stress). Olahraga bisa Anda lakukan pada pagi hari sebelum beraktivitas maupun pada sore hari. Intinya lakukanlah olahraga secara teratur. Minimal 2 kali seminggu.

Anda bisa memilih olahraga yang cocok dan sesuai dengan kemampuan. Misalnya joging, lari, bersepeda, renang, sepakbola, angkat beban, dan lain sebagianya.

Istirahat Cukup

Tubuh tak selamanya harus beraktivitas secara non stop. Tubuh juga butuh yang namanya istirahat. Tujuannya adalah mengembalikan tenaga yang terkuras, menyegarkan otot dan organ-organ tubuh, termasuk menyegarkan pikiran.

Jika Anda memiliki aktivitas yang padat upayakan tidur siang meski sejenak. Minimal tidur selama 15 menit. Pada malam hari jangan terlalu begadang. Kebiasaan begadang dapat membuat daya tahan tubuh menurun. Bahkan bisa menimbulkan gangguan tidur alias insomnia.

Beri kesempatan tubuh untuk beristirahat agar esok harinya tubuh dan jiwa bisa fit kembali. Oleh karena itu, jangan sekali-kali mengabaikan yang namanya istirahat dan tidur. Istirahat dan tidurlah dalam porsi yang cukup.

Ciptakan Lingkungan Sehat

Lingkungan memiliki peran yang vital pada kesehatan seseorang. Seseorang yang berada dalam lingkungan yang bersih dan sehat maka kesehatannya juga akan terjaga. Begitu pun sebaliknya.

Lingkungan yang dimaksud mencakup kualitas udara, tanah, air, tumbuhan, dan lain sebagainya. Jika Anda berada dalam lingkungan yang tercemar, penuh dengan polusi, dan terpapar radiasi maka hal tersebut akan berdampak buruk pada kesehatan.

Hindari Stress

Kadangkala rutinitas yang terlalu padat membuat seseorang rentan terhadap tekanan (stress). Stress bisa menimbulkan kekacauan pikiran dan jiwa yang efeknya bisa mengganggu aktivitas seseorang. Bahkan stress juga berpengaruh terhadap kesehatan.

Sebaliknya pikiran dan jiwa yang tenang dan stabil akan membuat segala menjadi lebih baik. Karena itu, hindari dan jauhi stress. Bersikaplah tenang dalam melakukan dan menghadapi sesuatu. Jangan mudah marah dan emosi.

Jauhi Rokok dan Minuman Keras

Dua hal ini merupakan faktor yang berpengaruh pada kesehatan seseorang. Para ahli kesehatan seringkali menyarankan seseorang agar tidak merokok dan berada dekat dengan orang yang merokok.

Begitu pun dengan konsumsi alkohol. Selain bisa mengganggu kestabilan pikiran dan kendali jiwa, mengkonsumsi minuman keras juga berdampak buruk pada organ tubuh dan kesehatan.