Tips Memilih Program Diet yang Aman dan Sehat

Program diet belakangan sudah menjadi salah satu gaya hidup yang dijalani oleh masyarakat. Tak hanya oleh kaum hawa tentunya, kaum adam pun tidak malu-malu untuk melakukan diet. Diet yang dijalani tidak semata-mata untuk membentuk tubuh ideal saja, tetapi juga menjaga kesehatan mereka. Pasalnya dari diet yang benar, biasanya beberapa fungsi organ serta kesehatan tubuh jauh lebih membaik. Mulai dari sistem metabolisme yang lebih lancar, tingkat produktivitas dan kreativitas pun jauh lebih meningkat.

Efek inilah ternyata yang dikejar oleh banyak orang, termasuk publik figur dan artis. Mereka merasa menjaga pola makan dengan diet mampu menghasilkan kesehatan yang lebih baik. Terlebih diet yang dilakukan dengan benar dan dibawah pengawasan dokter diketahui mampu mencegah beragam penyakit. Salah satunya adalah penyakit jantung koroner serta diabetes, yang mulai banyak diderita masyarakat. Tidak hanya mereka yang telah lanjut usia, namun beberapa diantaranya adalah anak muda yang masih produktif.

Menanggapi hal tersebut, banyak dokter yang akhirnya menganjurkan untuk menjaga pola makan. Pola makan disini artinya juga memilih asupan yang masuk ke dalam tubuh. Anda perlu memperhitungkan kebutuhan kalori dan nutrisi harian, serta mencukupinya dari sumber makanan yang sehat. Contohnya saja dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin, mineral, nutrisi dan serat. Semua kandungan gizi ini nantinya akan diserap oleh tubuh untuk diubah menjadi energi ataupun hormon.

Memilih program diet

Menjaga pola makan melalui diet seperti ini tentunya akan memberikan efek yang lebih mencengangkan. Pasalnya tujuan Anda untuk menjaga kesehatan akan berdampak pada bentuk tubuh yang lebih ideal dan indah. Sayangnya, untuk memilih diet yang benar tidaklah sembarangan, sebab Anda membutuhkan pengetahuan khusus. Setidaknya memilih program diet harus memperhatikan beberapa hal penting, yakni.

Keamanan diet yang dipilih

Banyak cara diet yang tengah booming memang di masyarakat beberapa waktu belakangan. Sebut saja diet mayo, OCD (Obsessive Corbuzier Diet), diet karbo hingga diet air putih. Semua jenis diet ini memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing bagi tubuh seseorang. Bisa jadi satu teknik diet berhasil bagi Anda, sayangnya teknik yang sama tidak berhasil untuk orang lain. Pasalnya kebutuhan tubuh dari masing-masing orang memang berbeda-beda, termasuk aktivitas yang dijalani.

Hanya saja Anda tetap harus memperhatikan kebutuhan mineral dan protein harian tubuh. Inti dari diet sendiri sebenarnya adalah menjaga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, tanpa membatasi atau mengurangi asupan mineral dan protein. Nantinya protein akan dipecah dan diubah menjadi energi dan digunakan dalam sistem metabolisme. Agar tak salah memilih teknik diet, cobalah kenali kebutuhan kalori harian tubuh Anda. Untuk wanita, kebutuhan kalori setidaknya berada di angka 1100 – 1200 kkal. Sedangkan untuk pria, Anda membutuhkan asupan kalori sekitar 1220 – 1600 kkal per hari.

Penurunan bertahap namun tetap seimbang

Kita memang seringkali terobsesi dengan penurunan berat badan secara drastis. Demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, tak jarang kita melakukan diet ketat untuk menurunkan bobot tubuh berlebih. Sayangnya cara seperti ini terbilang tidak aman dan tidak dianjurkan oleh para dokter maupun pakar kesehatan. Kecuali jika cara diet seperti ini yang dipandang lebih baik oleh dokter Anda untuk menurunkan berat badan badan Anda. Hanya saja, perlu diingat bahwa penurunan berat badan yang normal dari diet itu berkisar 0,5 – 1 kg dalam seminggu. Penurunan berat badan sendiri terjadi akibat retensi cairan yang terjadi dari program diet.