Obat Untuk Hadapi Asam Urat

Bila suatu malam, kaki terasa nyeri, pegal dan bengkak, wah…menyakitkan dan menjengkelkan ya…Setelah diperiksakan ke tenaga medis, ternyata asam uratlah penyebab penderitaan. Memang asam urat dapat menyebabkan nyeri dan bengkak, terutama di persendian. Jangan dipijit lho ya…Pijitan tidak menolong, justru akan memperparahnya. Tapi omong-omong, apa sih asam urat itu?

Asam urat tidak ada hubungannya dengat urat (otot). Asam urat, dalam bahasa kimia international, disebut uric acid. Zat ini merupakan hasil dari metabolisme purin dalam tubuh. Gangguan atas metabolisme ini menyebabkan produksi asam urat berlebih. Selain itu, ekskresi asam urat melalui ginjal, jika terganggu, juga dapat menaikkan kadar asam urat. Jika kadarnya melebihi 50-60mg/l, maka asam urat akan mengendap dalam jaringan, biasanya adalah persendian dan timbul peradangan, bisa menjadi kronis dan terjadi deformasi. Ini yang disebut sakit pirai atau gout.

Pirai terjadi karena pengendapan kristal asam urat di fagositisis oleh leukosit. Akibatnya terjadi kerusakan di sel leukosit dan enzim lisosom ke luar lewat membran sel yang robek. Kerusakan sel menyebabkan lesi jaringan dan peradangan. Dalam kondisi ini, pH akan menurun dan menyebabkan pengendapan asam urat yang baru. Bila tidak ditangani, pirai akut dapat berlangsung selama berhari-hari.

Obat Asam Urat

Penanganan pirai harus disertai dengan diet yang baik. Makanan yang mengandung purin dalam kadar tinggi, misalnya jantung, hati dan jerohan lainnya harus dihindari. Selain itu pengurangan berat badan bagi yang mempunyai berat badan berlebih harus dilakukan. Hindari minumam beralkohol.Obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi pirai adalah kolkhisin, anti inflamasi, urikosurik dan urikostatik. Kolkhisin bekerja dengan cara menghambat aktivitas fagositosis leukosit tanpa mempengaruhi kadar asam urat dalam darah, dan tanpa efek analgetik. Proses eliminasi asam urat melalui ginjal tidak dipengaruhi. Kolkhisin terikat kuat paa protein dan dieliminasi secara lambat. Jadi terdapat bahaya komulasi. Ini patut menjadi perhatian, sebab kolkhisin merupakan senyawa yang cukup toksik. Dosis pemakaian hanya 0,5 mg 2-4 jam sampai nyeri hilang, dan dosis harian maksimal 5 mg. Dosis 20 mg dapat menyebabkan kematian.

Untuk mengatasi peradangan, digunakan antiinflamasi, seperti piroksikam (Pirocam,Feldene,Pirofel), meloksikam (Mexpharm, Artrilox, Movicox), sodium/kalium diklofenak (Cataflam, Voltaren, Voltadex). Jika masih belum mencukupi, dapat ditambah dengan kortikosteroid seperti prednison maupun metil prednisolon (Lameson, Intidrol, Hexilon).

Urikosurik akan meningkatkan eliminasi asam urat dari darah sehingga kadarnya akan menurun. Cara kerjanya adalah dengan menghambat reabsorpsi asam urat oleh tubulus ginjal. Probenesid (Benamid), Sulfinpirazon (Anturano) merupakan urikosurik yang digunakan. Dosisnya adalah 0,5-1g perhari untuk probenesid dan 200-600 mg perhari untuk sulfinpirazon.

Sedangkan urikostatik yang digunakan hanyalah allopurinol (Zyloric, Urica, Tylonic, Reucid, Isoric). Obat ini bekerja dengan menghambat enzim xantin oksidase, sehingga pembentukan asam urat akan dihambat. Dosis allopurinol 100-300 mg perhari. Efek samping yang sering terjadi adalah gangguan saluran cerna dan elergi.

Nah, itu obat untuk asam urat. Semoga dapat berguna!